Jumat, 21 November 2008

Kotaku

Lambang Kota Batu
Lambang Kota Batu
Berkas:Locator kota batu.png
Peta lokasi Kota Batu
Koordinat : 7° 44' 55,11" s/d 8° 26' 35,45" LS
122° 17' 10,90" s/d 122° 57' 00,00" BT
Motto: Hakaryo Guno Mamayu Bawono
Provinsi Jawa Timur
Ibu kota {{{ibukota}}}
Luas 202,30 km²
Penduduk
· Jumlah 177.000 (2003)
· Kepadatan 873 jiwa/km²
Pembagian administratif
· Kecamatan 3
· Desa/kelurahan 24
Dasar hukum UU No. 11/2001
Tanggal 21 Juni 2001
Hari jadi {{{hari jadi}}}
Walikota Eddy Rumpoko
Kode area telepon 0341
APBD {{{apbd}}}
DAU {{{dau}}}
Suku bangsa {{{suku bangsa}}}
Bahasa {{{bahasa}}}
Agama {{{agama}}}
Flora resmi {{{flora}}}
Fauna resmi {{{fauna}}}
Zona waktu {{{zona waktu}}}
Bandar udara {{{bandar udara}}}

Situs web resmi: www.batukota.go.id

Kota Batu adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kota ini terletak 15 km sebelah barat Kota Malang, berada di jalur Malang-Kediri dan Malang-Jombang. Kota Batu berbatasan langsung dengan Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Pasuruan di sebelah utara serta dengan Kabupaten Malang di sebelah timur, selatan, dan barat. Wilayah kota ini berada di ketinggian 680-1.200 meter dari permukaan laut dengan suhu udara rata-rata 15-19 derajat Celsius.

Sejarah

Batu tumbuh sebagai kawasan hunian seiring masuknya perkebunan kolonial pada pertengahan abad ke-19 di Jawa Timur. Batu dulu merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Malang, kemudian statusnya ditingkatkan sebagai kota administratif. Pada tanggal 21 Juni 2001, Batu ditetapkan sebagai kota berdasarkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2001.

Pembagian administratif

Kota Batu terdiri atas 3 kecamatan yang dibagi lagi menjadi 20 desa dan 4 kelurahan. Kecamatan di Kota Batu adalah Batu, Bumiaji, dan Junrejo.

Pariwisata

Kota Batu pernah dijuluki sebagai Swiss Kecil di Pulau Jawa serta kawasan wisata pegunungan yang sejuk. Di obyek wisata Songgoriti terdapat Candi Songgoroto dan patung Ganesha peninggalan Kerajaan Singosari serta tempat peristirahatan yang dibangun sejak zaman Belanda. Wisata gua di Cangar dan Tlekung, terdapat pula gua dengan kedalaman 15 km. Tempat wisata andalan lainnya adalah Selecta dan Kusuma Agrowisata (perkebunan apel) di lereng Gunung Panderman. Selain itu terdapat juga pemandian air panas di Cangar. Objek wisata lain di kota Batu adalah air terjun Coban Rondo, Coban Rais, dan Coban Talun. Ada pula objek wisata terbaru di Kota Batu berupa wisata udara paralayang. Bagi penggemar kemah dan mendaki gunung, ada banyak lokasi untuk dikunjungi, antara lain Gunung Arjuno, Gunung Panderman, Coban Rondo, Coban Rais, Cangar, Junggo, Gunung Banyak, dan Coban Banteng. Setiap hari Minggu, di alun-alun Batu diselenggarakan Pasar Wisata Minggu yang menjual makanan khas Batu serta berbagai macam kerajinan tangan. Jatim Park merupakan salah satu tempat wisata paling populer di Jawa Timur dan kini menjadi salah satu ciri khas Kota Batu dan Malang. Di kota ini banyak terdapat villa serta sejumlah hotel berbintang lima.

Batu juga dikenal sebagai kawasan agropolitan, sehingga mendapat julukan Kota Agropolitan. Seperti halnya kawasan Malang dan sekitarnya, Batu banyak menghasilkan apel, sayur mayur, dan bawang putih. Selain terkenal sebagai kota agropolitan, Batu juga dikenal sebagai kota seniman. Ada banyak sanggar lukis dan galeri seni di kota ini.

Kuliner Khas

  • Sate Kelinci
  • Jagung Bakar (wisata payung)
  • Kripik Kentang
  • Kripik Apel, jenang apel, cuka apel
  • Kripik aneka buah

Walikota

Tidak ada komentar: